LulusanGuru - Melalui proses pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design (UbD), pemahaman oleh peserta didik atas materi pembelajaran menjadi fokus utama yang ingin dicapai. Ada enam aspek pemahaman yang harus kuasai oleh peserta didik, yaitu kemampuan menjelaskan, kemampuan interpretasi atau menafsirkan, kemampuan aplikasi atau menerapkan, kemampuan memiliki perspektif, kemampuan berempati, dan kemampuan memiliki pengetahuan diri sendiri.
Berikut adalah ulasan dan penjelasan dalam bentuk video mengenai enam aspek tersebut.
1. Kemampuan menjelaskan
kemampuan peserta didik untuk menguraikan atau menjelaskan kembali informasi atau konsep yang telah dipelajari dengan menggunakan kata-kata atau bahasa mereka sendiri. Hal ini menunjukkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran.
2. Kemampuan interpretasi atau menafsirkan
Peserta didik harus mampu menginterpretasikan atau menafsirkan informasi atau konsep yang dipelajari untuk memahami maknanya yang lebih dalam. Mereka dapat melakukan ini dengan menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan atau pengalaman sebelumnya.
3. Kemampuan aplikasi atau menerapkan
Kemampuan peserta didik untuk mengaplikasikan atau menerapkan pengetahuan dan konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi atau konteks yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa mereka tidak hanya memahami konsep, tetapi juga dapat menggunakannya secara praktis.
4. Kemampuan memiliki perspektif
Peserta didik harus mampu melihat suatu masalah atau topik dari berbagai sudut pandang atau perspektif yang berbeda. Hal ini membantu mereka untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas dan komprehensif tentang subjek yang dipelajari.
5. Kemampuan berempati
Kemampuan peserta didik untuk merasakan atau memahami perasaan, pandangan, atau pengalaman orang lain. Hal ini memungkinkan mereka untuk lebih terhubung dengan materi pembelajaran dan orang lain di sekitar mereka.
6. Kemampuan memiliki pengetahuan diri sendiri
Kemampuan peserta didik untuk memahami kekuatan, kelemahan, minat, dan preferensi mereka sendiri dalam konteks pembelajaran. hal ini membantu mereka untuk mengembangkan strategi belajar yang efektif dan memahami bagaimana mereka belajar dan berinteraksi dengan materi pembelajaran.
Posting Komentar